Friday, May 29, 2009

Usnisavijaya Homa (19 April 2009)


蓮生活佛 ~ 尊勝佛母護摩開示

INTISARI DHARMADESANA MAHAGURU

(19 April 2009)

敬禮了鳴和尚、薩迦證空上師、十六世大寶法王噶瑪巴、吐登達爾吉上師。

敬禮護摩主尊佛頂尊勝佛母,壇城三寶。師母、各位上師、教授師、法師,還有我們的貴賓蓮幢法師,各位同門、還有網路上的同門,大家吉祥!(眾鼓掌)


Sembah sujud kepada Biksu Liaoming, Acarya Sakyazhengkong, Karmapa 16 dan Acarya Tubten Dhargye.

Sembah sujud pada Adinata Homa, Usnisavijaya Baghavati dan Triratna. Shimu, para Acarya, Dharmacarya, Biksu Lama dan tamu kita yang terhormat Biksu Lianchuang, para umat , para umat yang menyaksikan lewat internet, salam sejahtera semuanya ! (tepuk tangan hadirin)


我們剛剛是做尊勝佛母的護摩,那麼這一尊,祂是由釋迦牟尼佛的最勝頂,也就是最高的頂,頂上的光明。我們普通的佛像在設相的時候,我們設相有佛頭、佛的 身,佛盤起的腳和佛的蓮花座。但事實上,我們看佛的頂是看不到的,稱為無上頂。由無上頂的光相所出生的就是佛頂尊勝佛母。祂是由佛如來佛陀無上頂的光 明所化生的。


Kita baru saja melaksanakan Api Homa Usnisavijaya Baghavati, Adinata ini berasal dari Usnisa Sakyamuni Buddha, puncak kepala yang tertinggi, cahaya di atas kepala. Biasanya, dalam membuat rupang Buddha, dibuat kepala Buddha, tubuh, kaki dan Padmasana, namun puncak kepala Buddha tidak terlihat, ini disebut Anuttarausnisa. Usnisavijaya Baghavati lahir dari cahaya Anuttarausnisa. Beliau lahir dari cahaya Anuttarausnisa dari Buddha Tathagata.


所以,我們知道,佛頂是看不見的,那麼無上頂更是看不見的,既然是無上頂的話,那麼祂的power,祂的力,就是無窮盡的,有無上法力。我們祈求祂來受供 養,來布光,來放大光明,那麼我們所祈願的,就能夠吉祥如意。(眾鼓掌)所有的幽冥眾生有一個清淨的佛國,祂可以接引幽冥眾生到清淨的佛國,同樣的,祂也 能夠放大光明把我們身體的業障消除,(眾鼓掌)病業也一樣可以消除掉。(眾鼓掌)我們等一下要做尊勝佛母的灌頂。


Maka, kita tahu bahwa usnisa Buddha adalah tak terlihat, sedangkan Anuttarausnisa terlebih lagi tidak dapat terlihat, oleh karena Anuttarausnisa maka kekuatan Nya tanpa batas, memiliki Dharmabala yang tiada tandingannya. Kita memohon Beliau untuk menerima persembahan , memancarkan maha cahaya, maka segala yang kita mohonkan akan manggala dan sesuai kehendak. (tepuk tangan hadirin) Beliau mampu membimbing supaya para arwah dapat menuju Buddhaloka yang suci, demikian juga Beliau mampu memancarkan maha cahaya mengenyahkan karma buruk kita (tepuk tangan hadirin) demikian pula dengan penyakit dapat dimusnahkan (tepuk tangan hadirin) Nanti kita akan lakukan abhiseka Usnisavijaya Baghavati.


我現在再談一下,再繼續講喜金剛。我們談第四章〈喜金剛的灌頂〉。我曾經在文章裡寫到,你要在平常的時候,行住坐臥之中,保持喜金剛的觀想。這就是說, 我們平時跟佛是不分開的。你任何時候都要觀想你自己是本尊,你的本尊是什麼?你的護法是什麼?你時時要做本尊的觀想,還要觀想護法住在你的頭頂上面。密教 行者不能夠忘掉自己的本尊,時時把自己的臉變成本尊的臉,把自己的護法觀想在頭頂上,這個就是時時憶念。


Sekarang Saya akan melanjutkan penjelasan mengenai Hevajra, poin yang ke empat, yaitu Abhiseka Hevajra, Saya sudah menuliskan di buku bahwa di setiap saat , berjalan, berdiri, duduk dan berbaring selalu memvisualisasikan Hevajra. Dengan kata lain, kita senantiasa tak terpisahkan dengan Buddha. Setiap saat Anda harus bervisualisasi Anda adalah yidam, siapakah Yidam Anda ? siapakah Dharmapala Anda ? setiap saat Anda harus bervisualisasi yidam, Anda harus bervisualisasi Dharmapala menetap di atas kepala. Seorang sadhaka Tantra tidak boleh melupakan yidam nya, setiap saat memvisualisasikan wajahnya berubah menjadi wajah yidam, memvisualisasikan Dharmapalanya berada di atas kepala, inilah yang dimaksud dengan senantiasa mengingat.


再來就是保持佛慢堅固。什麼叫佛慢堅固呢?你如果常常做這樣子的觀想,就是堅固。那麼什麼叫佛慢呢?就是佛堅固所顯現出來的莊嚴。有人把它解釋成為「佛的 傲慢」,所謂佛慢就是說「我慢」啦!我慢就是說,我現在修行的境界很高,我不屑跟人家談話,我的境界非常的高,我看不起所有的人,只有我最厲害,別人都是 老二,他是老大,別人甚至連老二的資格都沒有。把別人看的很渺小,自己很偉大,這個叫做我慢。


Kemudian mempertahankan kekokohan kebanggan Buddha, apakah itu kekokohan kebanggaan Buddha ? Bila Anda senantiasa melakukan visualisasi ini , itulah kokoh. Kemudian, apa itu kebanggaan Buddha ? Yaitu keagungan yang muncul dari kekokohan Buddha. Ada orang yang menganggapnya sebagai Kesombongan Buddha, jadi maksudnya Kesombongan Buddha adalah kesombongan diri sendiri ! Kesombongan diri misalnya pencapaian diri sendiri sangat tinggi, saya tidak pantas melayani orang bicara karena tingkatan saya sangat tinggi, saya meremehkan semua orang, hanya saya yang paling hebat, orang lain adalah nomor dua, diri sendiri adalah nnomor satu, bahkan orang lain tidak pantas jadi yang kedua. Melihat orang lain sangat rendah, diri sendiri sangat agung, ini dinamakan kesombongan diri.


那什麼叫做佛慢呢?其實不是教你要我是佛,因為我本尊是阿彌陀佛,我是佛,我非常的傲慢,你們是凡夫,這就變成錯誤的佛慢佛的傲慢。但,事實上是,因 為你跟佛合一,你就變成非常堅固,那麼佛慢就顯現你「佛」的姿態,我是一個佛,我顯現佛的姿態,也就是佛的莊嚴,莊嚴相,這個才叫做「佛慢堅固」。


Jadi apakah itu Kebanggaan Buddha ? Sebenarnya bukannya menyuruh Anda untuk menjadi sombong, misalnya yidam saya adalah Buddha Amitabha, saya sangat sombong , kalian semua adalah orang awam, jadi ini merupakan salah tafsir menjadi kesombongan Buddha. Namun, sesungguhnya karena Anda menyatu dengan Buddha, maka Anda menjadi sangat kokoh, kemudian kebanggan Buddha memunculkan sikap seorang Buddha pada diri Anda, saya menampakkan sikap seorang Buddha, dengan kata lain adalah keagungan Buddha, keagungan rupa, inilah Kekokohan Kebanggaan Buddha.


To be continued….


Translated by Lianhua Shian



No comments:

Post a Comment